Penggunaan Internet Butuh Etika

Perkembangan internet memberikan dampak positif bagi berbagai bidang. Komunikasi menjadi lebih cepat dan murah dengan adanya internet. Selain memberikan kesempatan bagi banyak orang untuk mengakses berbagai informasi dan mengekspresikan diri serta mendapatkan peluang bagi usaha atau bisnis.

“Dampak negatif dari penyalahgunaan internet telah menjadi tantangan nasional, regional, maupun internasional,” demikian kutipan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring saat membuka High Level Leaders Meeting (HLLM) di Bali, Senin (21/10) seperti siaran pers Kominfo.

Tifatul menyebut sejumlah dampak negatif internet seperti peretasan (hacking), penipuan online, penyebaran pornografi anak. Lalu penyebaran konten yang ditujukan untuk menimbulkan kebencian berdasarkan suku, agama, ras, dan antar golongan. Menurutnya pengelolaan internet dapat dilakukan dengan pendekatan teknologi dan pendekatan norma. Berbagai instrumen regulasi regional dan internasional sebagai norma telah dikembangkan untuk mengatur internet. Serta untuk menghadapi dan menyelesaikan penyalahgunaan internet.

Sumber: http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt5264fd5052555/penggunaan-internet-butuh-etika

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.